• SMAN 1 PAGUYANGAN
  • Berkarakter, Berprestasi, Ilmiah, dan Berwawasan Lingkungan

Trik Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan

Salah satu tanda keberhasilan guru dalam mengajar adalah siswa yang sangat antusias dalam belajar dan kepahaman siswa dalam menangkap materi yang disampaikan. Cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran melalui proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pembelajaran yang menyenangkan ini dapat dilakukan dengan meningkatkan dopamine, endorphin, dan oksigen di otak.  

Hormon Dopamin adalah senyawa kimia di otak yang berperan untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Hormon ini dapat  memengaruhi berbagai aktivitas manusia mulai dari kemampuan mengingat hingga hingga menggerakkan anggota tubuh. Hormon ini juga disebut hormon pengendali emosi. Saat diproduksi dalam jumlah yang tepat, hormon ini akan meningkatkan suasana hati nsehingga orang akan merasa lebih senang dan bahagia (https://www.alodocter.com). Cara guru mengajar berpengaruh terhadap minat murid untuk belajar. Banyak model pembelajaran yang sudah diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran tersebut, diharapkan membuat siswa dalam suasana hati yang senang dan bahagia. Hal ini akan membuat mereka betah belajar.

Pembelajaran yang menyenangkan dapat diartikan sebagai pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga saat pembelajaran berlangsung siswa tidak merasa bosan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh pengajar untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dilansir dari Open Colleges Australia, berikut trik mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan:

  1. Temukan hal baru bersama. Belajar hal baru bersama-sama dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Dalam hal ini, guru tidak hanya memberikan informasi kepada siswa, melainkan mengajak siswa untuk menemukan informasi secara bersama-sama.
  2. Buat siswa penasaran. Belajar yang paling menyenangkan adalah ketika mendapati sesuatu yang mengejutkan dan membuat siswa penasaran. Dalam memberikan materi pelajaran guru dapat menyoroti hal-hal yang tampak aneh, unik dan tidak biasa. Mulailah dengan membuat siswa penasaran. Ajukan pertanyaan dan biarkan siswa bekerja untuk memecahkan pertanyaan tersebut.
  3. Tunjukkan kepedulian terhadap siswa. Sesekali bertindak konyol juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sebuah penelitian menunjukkkan bahwa membuat mereka tertawa dan merasa senang merupakan salah satu bentuk kepedulian siswa
  4. Libatkan Siswa dalam Proyek. Melibatkan siswa dalam lokakarya juga diketahui dapat membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Siswa akan benar-benar berpartisipasi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
  5. Hindari kebiasaan menonton. Menghabiskan jam pelajaran yang sama persis dengan cara yang sama setiap hari adalah hal yang perlu dihindari. Walaupun guru mengajarkan materi yang sama untuk siswa yang berbeda, namun kebiasaan menonton akan tampak membosankan bagi siswa. Coba hal baru untuk menciptakan metode baru
  6. Reviewtapi jangan ulangi materi. Dalam kegiatan belajar mengajar penting untuk meninjau ulang materi yang telah disampaikan secara teratur. Luangkan satu atau dua jam setiap minggu untuk meninjau materi yang telah diajarkan minggu terakhir.
  7. Ganti pembelajaran dengan percakapan. Sesekali libatkan siswa dalam percakapan santai dan posisikan mereka layaknya teman. Dalam hal ini baik guru maupun siswa dapat saling bertukar ide atau gagasan, sehingga guru tidak hanya memberikan tanggapan tetapi juga menerima tanggapan.
  8. Cobalah untuk menjadi siswa. Cobalah untuk duduk bersama siswa lainnya dan beri kesempatan kepada siswa untuk menggantikan posisi sebagai guru. Luangkan waktu seminggu untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh siswa dan biarkan mereka menilainya.
  9. Jangan beranggapan terlalu serius. Banyak guru yang tidak menyadari bahwa mata pelajaran yang diampunya bukanlah satu-satunya pelajaran yang diambil siswa. Padahal siswa harus menyeimbangkan tugas dan materi dari beberapa materi pelajaran dalam satu waktu. Untuk itu, cobalah untuk memahami siswa dan berilah waktu kepada siswa untuk memahami materi pelajaran lain.
  10. Tertawakan lelucon siswa. Hal lain yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasan belajar yang menyenangkan adalah terlibat dalam lelucon yang dilontarkan siswa. Hal tersebut diketahui  menjadi cara terbaik untuk memastikan guru dan siswa berada dalam suasan hati yang menyenangkan.

Pembelajaran yang menyenangkan itu sebuah kenicayaan. Guru dituntut untuk selalu berinovasi dalam rangka terwudnya tujuan pembelajaran yang berpusat pada murid. Sesulit apapun materi yang disajikan jika siswa merasa senang dan bahagia pelajaran akan lebih mudah diserap dan dipahami.

 

Komentar

Saya guru baru dan baru mulai mengajar.. Manfaat bgt isi tulisannya

Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali artikel ini Saya adalah guru baru yang baru mengajar jadi sangat menginspirasi saya untuk lebih semangat dan memberikan pembelajaran yang lebih efektif lagi dan tidak membosankan. Terimakasih

Untuk saya sebagai guru baru di sekolah, sangat bingung untuk evaluasi pembelajaran anak anak yg tidak mudah bosan dan sekarang memberikan pencerahan dari sini

Sangat bagus, dapat menambah ilmu Terimakasih

Artikel ini sangat membantu bagi guru dalam kegiatan mengajar siswa, khusunya bagi saya

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KARYA SENI MANDALA DALAM PEMBELAJARAN P5 TEMA SUARA DEMOKRASI KELAS XI SMAN 1 PAGUYANGAN

SMAN 1 Paguyangan sebuah Sekolah yang sangat asri, rindang dan sejuk yang berada pada kawasan Brebes Selatan. Pada P5 Kelas XI Tema Suara Demokrasi kali ini mengangkat kegiatan Pembuata

26/09/2023 14:50 - Oleh ETIK MARDIASIH, S.Pd. - Dilihat 13955 kali
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Pancasila merupakan pedoman hidup Bangsa Indonesia untuk mendasari semua sendi kehidupan yang dilaksanakan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nilai dan norma yang berlaku di Indo

25/09/2023 10:49 - Oleh Eko Nurhayanto, S. Pd - Dilihat 21547 kali
Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

“Seorang penuntut ilmu jika tidak dihiasi diri dengan akhlak mulia, maka tidak ada faedah menuntut ilmunya” (Muhammad bin Shalih Al Utsaimin)   SMA N 1 Paguyangan me

23/09/2023 15:43 - Oleh Milati Masruroh, S.Pd - Dilihat 582 kali
PEMBUATAN FLIPBOOK (BUKU DIGITAL) DI CANVA

“Didiklah Anakmu Sesuai Zamannya” (Ali Bin Abi Thalib) Pada pembelajaran abad ke 21, guru menghadapi peserta didik yang merupakan generasi Z, dimana peserta didik ini lahi

27/11/2022 07:58 - Oleh Milati Masruroh, S.Pd - Dilihat 17559 kali
Multiple Intelligences untuk Menilai Kemampuan Dasar Anak

Implikasi teori multiple intelligences bagi para pendidik dan  pendidikan adalah melihat anak sebagai individu yang unik. Para pendidik menyadari bahwa setiap individu pastinya mem

10/10/2022 16:19 - Oleh Dra. KUN ALFIAH, M.Pd. - Dilihat 1351 kali