• SMAN 1 PAGUYANGAN
  • Berkarakter, Berprestasi, Ilmiah, dan Berwawasan Lingkungan

Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X.3 Di SMA Negeri 1 Paguyangan Tahun Ajaran 2022/2023

Penulis: M. Abdul Karim, S. Pd.

Guru Mata Pelajaran Sejarah

SMA Negeri 1 Paguyangan

Menurut UU No. 20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, dan Negara.  Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh semua manusia di seluruh dunia. Meskipun demikian, pendidikan di Indonesia memiliki kelebihan dibanding  negara-negara tersebut atau negara maju lainnya dengan dasar pendidikan Pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada budaya bangsa yang mengedepankan karakter yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan Abad 21.

Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Karakteristik PembelajaranPembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang harus mempersiapkan generasi Abad 21 dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK atau ICT) yang berkembang begitu cepat. Perkembangan Teknologi tersebut mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses pembelajaran.

 

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Pembelajaran akan lebih maksimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensinya. Melalui kurikulum ini, guru dapat memilih perangkat ajar untuk menyesuaikan kebutuhan belajar dan minat masing-masing peserta didik.

Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, pendekatan pembelajaran yang cukup menantang bagi guru adalah pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project-based learning atau PBL). Pembelajaran sejarah disekolah selain untuk melatih siswa berfikir kritis, juga memiliki fungsi pragmatis sebagai pembentukan identitas dan eksistensi bangsa. Selain pengetahuan kesejarahan (kognitif), pembelajaran sejarah juga menyimpan pendidikan nilai untuk pembentukan kesejarah, kepribadian bangsa dan sikap.

Hal ini menjadi tantangan bagi guru sejarah untuk memotivasi dan meningkatkan prestasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Ditingkat SMA masih banyak peserta didik yang kurang mempunyai motivasi belajar sejarah. Hal ini dilihat dari tidak sedikit peserta didik dalam mengumpulkan tugas evaluasi masih adanya keterlambatan dan ketidak lengkapan tugas tugas yang mereka kerjakan.  Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik, sehingga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran sejarah kurikulum merdeka karena dapat mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, keterampilan menyelesaikan masalah, menghubungkan pengetahuan mengenai masalah-masalah, dan isu-isu dunia nyata.

Berdasarkan uraian diatas penelitian tindakan kelas ini berjudul PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X.3 DI SMA NEGERI 1 PAGUYANGAN BREBES. Melalui penilitian tindakan kelas ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah.

 

Silahkan klik link dibawah ini untuk mendownload PTK

https://bit.ly/Penerapan_Model_Problem_Based_Learning_Dalam_Pembelajaran_Sejarah_Untuk_Meningkatkan_Motivasi_Dan_Prestasi_Belajar_Peserta_Didik_Kelas_X3_Di_SMANegeri1Paguyangan

 

Komentar

Sangat bermanfaat

Izin untuk minta jurnal/artikel tersebut

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Terintergrasi Riset di SMAN 1 Paguyangan

"Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila" (Profil Pelajar Pancasila)   Sejak diberlak

30/09/2023 03:17 - Oleh JELIA FETMI AMALIA, S.Pd. - Dilihat 1436 kali
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Pancasila merupakan pedoman hidup Bangsa Indonesia untuk mendasari semua sendi kehidupan yang dilaksanakan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nilai dan norma yang berlaku di Indo

25/09/2023 10:49 - Oleh Eko Nurhayanto, S. Pd - Dilihat 21547 kali
PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MODEL PJBL BERBANTUAN APLIKASI TIKTOK UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 PAGUYANGAN BREBES

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dal

12/12/2022 10:04 - Oleh ARIF ISDARYANTO, S.Pd. - Dilihat 1102 kali
Optimalisasi Keaktifan Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Aplikasi Wondershare Filmora Berbantuan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN 1 Paguyangan Brebes

Penulis: M. Abdul Karim, S. Pd. Guru Mata Pelajaran Sejarah Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)&

10/12/2022 19:21 - Oleh M. ABDUL KARIM - Dilihat 820 kali
Melalui Riset, Smansayang Berkarya

     Berasal dari kata research, riset adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang berarti penelitian. Riset juga dapat artikan sebagai kegiatan pengumpulan informa

23/08/2022 15:23 - Oleh JELIA FETMI AMALIA, S.Pd. - Dilihat 979 kali